Tugas dan Fungsi Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek Dikti

Inspirasi untuk selalu meningkatkan kontribusi terbaik bagi dunia pendidikan tinggi Indonesia membangkitkan spirit pada Direktorat Jenderal Sumber   Daya Ilmi Pengetahuan Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ditjen SDID) untuk selalu menjalankan perannya secara optimal, seperti tercakup dalam Ps. 270 Permenristekdikti No. 15 Tahun 2015 sebagai landasan pelaksanaan tugas dan fungsinya.

TUGAS

Adapun tugas Ditjen SDID adalah merumuskan dan melaksanakan kebijakan di bidang sumber daya pendidikan tinggi, serta merumuskan, mengoordinasi, dan mensinkronisasi pelaksanaan kebijakan di bidang sumber daya ilmu pengetahuan dan teknologi. Sementara fungsinyameliputi perumusan, koordinasi, dan sinkronisasi pelaksanaan kebijakan di bidang keahlian, kepakaran, kompetensi manusia dan pengorganisasian, kekayaan intelektual dan informasi, serta sarana dan prasarana ilmu pengetahuan dan teknologi; perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang sumber daya pendidikan tinggi. Merumuskan kebijakan dan memfasilitasi penjaminan mutu sumber daya manusia dan sarana prasarana ilmu pengetahuan, teknologi, dan pendidikan tinggi; serta pelaksanaan evaluasi dan pelaporan di bidang sumber daya ilmu pengetahuan, teknologi, dan pendidikan tinggi.

FUNGSI

Sedangkan fungsi Ditjen SDID adalah;

  • Perumusan koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan kebijakan di bidang keahlian, kepakaran, kompetensi manusia dan pengorganisasiannya, kekayaan intelektual dan informasi, serta sarana dan prasarana ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang sumber daya pendidikan tinggi.
  • Perumusan kebijakan fasilitas penjaminan mutu sumber daya manusia dan sarana prasarana ilmu pengetahuan, teknologi, dan pendidikan tinggi.
  • Pelaksana evaluasi dan pelaporan di bidang sumber daya ilmu pengetahuan, teknologi, dan pendidikan tinggi.
  • Pelaksana administrasi Direktorat Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Pendidikan TInggi.
  • Pelaksana fungsi lain yang diberikan oleh menteri.

Tugas dan fungsi Ditjen SDID mendorong lahirnya terobosan-terobosan berupa program-program unggulan yang dapat dirasakan oleh insan perguruan tinggi dan publik secara langsung. Di tahun 2015 ini Sertifikasi Dosen (Serdos), penyebaran Beasiswa Perguruan Tinggi Dalam Negeri dan Luar Negeri, Beasiswa PMDSU, serta Pengembangan Sarana dan Prasarana (Sarpras) masuk dalam sederetan program unggulan yang diluncurkan Ditjen SDID. Masing-masing program dipastikan melibatkan upaya improvement yang dilakukan secara kontinu dan berkesinambungan dalam hal peningkatan kualitas sumber daya manusia sebagai front line service; pembangunan teknologi informasi sebagai penunjang sistem online demi menciptakan pelayanan yang lebih efektif, efisien, dan mudah diakses; serta perbaikan sarana dan prasarana penunjang lainnya.


Diperbarui oleh: Ditjen SDID pada Rabu, 27 April 2016 14:17 WIB