Penilaian Angka Kredit

Penilaian Angka Kredit (PAK) merupakan program pemberian tunjangan kehormatan bagi lektor kepala dan profesor, diperlukan bagi kenaikan pangkat/jabatan akademik dosen sebagai bentuk pemberian penghargaan pemerintah atas prestasi kerja dosen.

Mobilisasi dosen

Mobilisasi dosen adalah program yang menempatkan dosen senior (detaser) yang berasal dari PTN ternama (Pertisum) di Perguruan Tinggi sasaran (Pertisas) untuk membina kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi dan peningkatan kapasitas institusi Pertisas

Rekrutmen Dosen

Rekrutmen Calon Dosen merupakan program penawaran calon dosen perguruan tinggi dari lulusan beasiswa unggulan yang bertujuan memberdayakan lulusan beasiswa unggulan, diselenggarakan oleh Ditjen Pendidikan Tinggi dalam rangka memenuhi kebutuhan dosen tetap di PT.

PMDSU

Beasiswa Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) merupakan terobosan pemerintah untuk mempercepat peningkatan jumlah dosen bergelar doktor di Indonesia demi meningkatkan sinergi antara dunia pendidikan tinggi dan penelitian, Program ini pun dikenal dengan semangat #INDONESIAMENCARIDOKTOR

Talent Scouting

Talent Scouting merupakan program pendukung BPP-LN dengan sasaran utama dosen tetap perguruan tinggi di lingkungan Kementeristekdikti yang hendak melanjutkan studi S3 ke luar negeri. Program ini bertujuan meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan menulis secara akademik; mencari dan mendapatkan perguruan tinggi sasaran di luar negeri; menyusun proposal penelitian; serta tata cara melamar dan teknik beasiswa pendidikan pascasarjana luar negeri Ditjen SDID.

Kompetensi Tendik

Pelatihan Teknis Fungsional Tenaga Kependidikan ditujukan meminimalkan masalah plagiat yang terjadi di perguruan tinggi, meliputi kegiatan pelatihan bagi pranata laboratorium pendidikan dan tenaga pustakawan (manajer dan staf IT), dalam rangka peningkatan kinerja perguruan tinggi.

Sertifikasi Dosen

Sertifikasi dosen (Serdos) merupakan penilaian kinerja dan bukti formal pengakuan terhadap profesionalisme dosen, serta sebagai upaya meningkatkan mutu dan memperbaiki kesejahteraan dosen. Serdos dilaksanakan melalui uji kompetensi dalam bentuk penilaian portofolio yang meliputi penilaian pengalaman akademik dan profesional.

Diktendik Berprestasi

Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berprestasi (Diktendik Berprestasi) merupakan pemberian apresiasi kepada pendidik dan tenaga kependidikan yang memiliki kualitas unggul, meliputi pemilihan dosen berprestasi; ketua program studi berprestasi; pustakawan berprestasi; laboran berprestasi; tenaga administrasi berprestasi; dan tenaga pengelola keuangan berprestasi.

SAME

Scheme for Academic Mobility and Exchange (SAME) diperuntukkan bagi dosen yang telah berpendidikan S3 dan atau guru besar, pengelola program pascasarjana, dan koordinator Kopertis. Program ini memfasilitasi dosen untuk mengembangkan penelitian yang telah dimulai pada saat mengambil doktor; memperbaharui bahan ajar dan metode pembelajaran sesuai perkembangan terbaru di dunia pendidikan internasional; membimbing mahasiswa S3 (PhD joint supervision) terhadap dosen Indonesia yang sedang melanjutkan studi di luar negeri dalam kerjasama double degree; pemantapan dan peningkatan jejaring kerja sama double degree master dan doktor; melakukan joint research dan penulisan karya ilmiah bersama.

BPPLN

Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri (BPP-LN) adalah program peningkatan kualifikasi pendidikan dan mutu dosen tetap PTN dan PTS (ber-NIDN) dengan cara mengirimkan dosen-dosen tersebut studi ke perguruan tinggi luar negeri, demi meningkatkan daya saing bangsa melalui peningkatan kualitas dosen berskala internasional.

Registrasi Pendidik

Registrasi Pendidik NIDN/NIDK adalah nomor yang diberikan kepada dosen, termasuk dosen PTN, dosen tetap yayasan, dosen tetap BHMN, dosen pegawai negeri sipil yang dipekerjakan pada PTS, dan dosen tidak tetap. Tujuan program meliputi peningkatan kuantitas, kualitas dan relevansi dosen dengan perguruan tinggi serta solusi tantangan nisbah dosen terhadap mahasiswa.

Dosen Magang

Magang Dosen adalah program yang bertujuan menekan disparitas kualitas, baik antardosen junior-senior maupun antarperguruan tinggi maju dan sedang berkembang, dengan memagangkan para dosen junior di bawah bimbingan dosen-dosen senior di perguruan tinggi maju.

Sandwich Like

Sandwich-like merupakan program peningkatan wawasan dan pengalaman internasional dosen melalui penyediaan beasiswa studi lanjut. Pemerintah menyediakan beasiswa sandwich-like melalui pemagangan di berbagai perguruan tinggi/institusi riset luar negeri terkemuka.

BPPDN

Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPP-DN) adalah program yang bertujuan meningkatkan kualitas dan kualifikasi dosen berpendidikan pascasarjana serta membantu percepatan pencapaian target jumlah dosen berpendidikan pascasarjana.

Pendidikan Karakter

Workshop Pendidikan Karakter melibatkan para ahli di bidangnya yang secara langsung berinteraksi dengan dosen yang mengampu mata kuliah humaniora, sehingga dapat memberi cara dan motivasi kepada mahasiswa untuk berperilaku positif dan optimis dalam menghadapi dunia nyata di masyarakat.