Universitas Trisakti Wisuda 2.362 Lulusan

Senin, 22 Mei 2017 | 20:43 WIB


Jakarta (21/5) – Universitas Trisakti kembali melaksanakan prosesi wisuda untuk periode semester gasal tahun akademik 2016/2017. Sebanyak 2.362 wisudawan resmi menyandang gelar baru, yakni terdiri atas 29 lulusan Program Doktor (S-3), 476 lulusan Program Magister (S-2), 51 lulusan Program Profesi, 1.564 lulusan Program Sarjana (S-1), 193 lulusan Program Diploma III (D-3), serta 49 lulusan Program Diploma IV.

Wisuda dipimpin oleh Rektor Universitas Trisakti. Ali Ghufron Mukti, M.Sc.,Ph.D. Dalam sambutannya, Ghufron mengatakan, momentum wisuda merupakan awal perjuangan para alumnus terjun ke masyarakat. Artinya, mereka harus siap menghadapi tantangan yang lebih besar dan heterogen.

“Dalam upaya meraih keberhasilan pada persaingan internasional dan lokal, tidak ada jalan lain kecuali saudara-saudari harus terus memacu kreativitas dan inisiatif. Diharapkan dari saudara-saudari muncul terobosan-terobosan serta temuan-temuan baru sesuai dengan core competency yang dimiliki, serta sanggup menciptakan lapangan kerja bagi dirinya sendiri dan orang lain,” tuturnya.

Ghufron menyebut, sebagai salah satu kampus swasta besar yang telah mendapat kepercayaan dari masyarakat, Universitas Trisakti terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan dan membina suasana akademik yang kondusif dalam memberikan pendidikan terbaik dan berkuaitas bagi para mahasiswanya. Sejak berdiri hingga saat ini, lanjut dia, jumlah lulusan Universitas Trisakti untuk Program Doktor (S-3) berjumlah 252 orang, Program Magister (S-2) berjumlah 8.260 orang, Program Sarjana (S-1) berjumlah 102.832 orang, Program Diploma III (D-3) berjumlah 2.983 orang, serta Program Diploma IV berjumlah 442 orang.

“Sekali lagi kami mengucapkan selamat berjuang kepada para lulusan baru. Jangan tinggalkan sikap idealis, jangan sampai luntur karena pengaruh-pengaruh buruk yang mungkin mengganggu. Berilah karya dan tanggung jawab sosial terbaik bagi masyarakat dan bangsa, serta diiringi doa,” ujarnya.

Senada dengan Rektor, pada kesempatan tersebut, Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah III, Putut Pujogiri mengungkapkan, para alumnus harus mampu mengembangkan diri, berkarya, serta mengamalkan ilmu dan kompetensi untuk kepentingan masyarakat luas. Dia juga memberikan penghargaan kepada sivitas akademika Universitas Trisakti yang telah berupaya meningkatkan mutu pendidikan tinggi, khususnya dalam pengembangan sumber daya insani yang profesional, kreatif, dan berintegritas. Kendati demikian, Putut mengingatkan supaya Universitas Trisakti senantiasa patuh pada peraturan, terutama dalam memperbarui akreditasi kampus maupun program studi (prodi) mengacu pada Permenristekdikti Nomor 32 Tahun 2016.

“Kibarkan bendera almamater, jangan mudah menyerah. Karena jika Saudara berhasil, bukan hanya keluarga yang bangga, tetapi juga almamater akan bangga atas capaian prestasi yang Saudara raih,” imbuh Putut.

Prosesi wisuda diakhiri dengan pembacaan janji alumni oleh para wisudawan serta sambutan perwakilan wisudawan dan orangtua wisudawan. Sebelumnya, Ali Ghufron sendiri telah ditunjuk sebagai Pejabat Sementara (Pjs) Rektor Universitas Trisakti melalui Surat Perintah Menristekdikti Nomor 03/M/SPRINT/KP/2016 tertanggal 5 September 2016. Hal tersebut menyusul adanya konflik internal yang berlarut-larut di Universitas Trisakti. (ira)

wisuda1