Ditjen Sumber Daya Iptek DIkti Kirimkan 31 Laboran ke Luar Negeri

Senin, 28 November 2016 | 15:29 WIB


Jakarta 26 November 2016. Ditjen SDID mengirimkan 31 pranata laboratorium PTN untuk mengikuti pelatihan di luar negeri. Pelatihan yang bersifat Short Term Training ini ditujukan untuk peningkatan mutu tenaga kependidikan laboratorium.

Ditemui saat pembekalan keberangkatan peserta, Direktur Karier dan Kompetensi SDM, Bunyamin Maftuh menyampaikan bahwa peningkatan mutu lulusan perguruan tinggi tidak hanya bergantung pada tenaga dosen tetapi juga tenaga kependidikan yang di antaranya adalah Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP).

“Adanya program ini dapat membantu peningkatan kualitas laboran dengan pemberian tambahan wawasan belajar. Harapannya para peserta dapat mendorong rekan-rekan yang lain dalam pengelolaan laboratorium di kampus,” ujar Bunyamin

Tercatat  106 PLP mendaftar program ini, kemudian diseleksi menjadi 31 peserta.  Peserta PLP yang akan diberangkatkan ini merupakan angkatan pertama dengan Negara tujuan: Australia 10 peserta, Jepang 3 peserta, Korea Selatan 4  peserta , dan Singapura 14 peserta. Peserta akan diberangkatkan pada akhir November dan awal Desember 2016. Sedangkan pelatihan akan dilaksanakan selama kurang lebih 3 hari.

“Keempat negara tujuan pelatihan tersebut merupakan negara yang saat ini telah menjalin kemitraan dengan Ditjen Sumber Daya Iptek Dikti. Tidak menutup kemungkinan tahun depan akan bertambah”, tutur Ferry Ramadhan, Kasi Karier Tenaga Kependidikan selaku penanggung jawab kegiatan.

Jumlah PLP saat ini adalah 4150 yang berada di Perguruan Tinggi Negeri, jumlah tersebut masih kurang jika dibandingkan dengan PTN yang ada saat ini yaitu 121, sudah termasuk PTNB. Oleh karena itu, meskipun secara kuantitas belum memenuhi, setidaknya secara kualitas dapat ditingkatkan, salah satunya melalui Short Term Training ini. (udn)