Selamat Bagi Pemenang Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berprestasi 2016

Berita

IMG_2541
29 Oct 2016

Selamat Bagi Pemenang Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berprestasi 2016

Tami 0 Comments

Ajang penghargaan Anugerah Dosen dan Tenaga Kependidikan Nasional 2016 telah menghasilkan pemenang di masing-masing kategori. Sebanyak enam kategori telah diberikan bagi insan akademik tanah air pada Jumat (28/10/2016) di Grand Asrilia Hotel, Bandung. Enam kategori tersebut yakni Dosen Berprestasi, Ketua Program Studi Berprestasi, Laboran Berprestasi, Pustakawan Berprestasi, Pengelola Keuangan Berprestasi, dan, Tenaga Administrasi Akademik Berprestasi.

Beberapa kejutan juga terjadi di pagelaran tahunan ini. Lima dosen dari Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil mendapatkan lima kategori dan menjadikan UGM sebagai universitas yang paling banyak meraih penghargaan di podium yang berbeda. Universitas Indonesia (UI) dan Institut Pertanian Bogor (IPB) masing masing mendapatkan tiga kategori.

Tak hanya itu dua dosen universitas swasta yang mewakili Kopertis wilayah juga merebut dua podium. Kopertis VI Jawa Tengah yang diwakili Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata berhasil meraih juara pertama kategori Tenaga Kependidikan Administrasi Akademik Berprestasi Nasional. Dan Universitas Surabaya yang mewakili Kopertis VII Jawa Timur meraih juara kedua kategori Pustakawan Berprestasi Nasional.

Setelah melalui proses seleksi yang ketat dimana seluruh peserta dari semua kategori telah mempresentasikan karya unggulannya masing-masing, terpilih 3 pemenang terbaik dari setiap kategori.

Berikut di antaranya, kategori dosen berprestasi secara berurutan diraih oleh Siti Machmudah (ITS) sebagai Juara III, Luki abdullah (IPB) sebagai Juara II, dan Agung Endro (UGM) sebagai Juara I. Ketua Prodi berprestasi dimenangkan oleh Juara III Widjodjo Adi (UI), Juara II Harwin Saptoadi (UGM) dan Juara I Iman Rusman (IPB).

Lalu kategori laboran berprestasi adalah Amiruddin (UI) Juara I, Esti Prihantini (IPB) Juara II, dan Yusuf Umardani (UGM) Juara III. Untuk kategori pustakawan berprestasi, Nurintan Cynthia Tyasmara (UI) Juara I, Amirul Ulum (Universitas Surabaya) Juara II, dan Wiwik Istiyarini (ITB) Juara III.

Kemudian kategori administrasi akademik dimenangkan oleh Juara III Franky Argus (UGM), Juara II Andi Saputra (Universitas Andalas), Ponco Hadi Heru (Universitas Katolik Soegijapranata Semarang). Dan kategori keuangan berprestasi antara lain, Bagus Sri Widodo (UGM) Juara I, Apip (Undip) Juara II, dan Tri Utami (UNS) Juara III.

Pemenang dosen berprestasi diberikan penghargaan uang sebesar Rp 40 juta, pemenang kedua Rp 30 juta dan pemenang ketiga Rp 25 juta. Sedangkan untuk pemenang tenaga kependidikan secara berurutan berhak mendapatkan Rp 30 juta, Rp 25 juta dan Rp20 juta. Untuk semua finalis tetap diberikan penghargaan uang masing-masing sebesar Rp 5 juta.

IMG_2472
Pemenang Dosen Berprestasi Tahun 2016

Sebelumnya, Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek Iptek dan Dikti, Ali Ghufron Mukti mengutarakan bahwa pemberian penghargaan ini diharapkan mampu mendorong dosen dan tenaga kependidikan untuk berprestasi secara lebih produktif hingga tercapainya tujuan pengembangan sistem pendidikan tinggi khususnya dan pembangunan sosial pada umumnya. “Bila dosen dan tenaga kependidikan kita berkonsentrai terhadap implementasi tridharma maka mereka akan produktif dalam mengembangkan ilmu dan inovasi bagi kesejahteraan masyarakat” tambah Ghufron.

Dia mengatakan kegiatan itu bertujuan agar setiap perguruan tinggi (PT) tergerak untuk memiliki sistem penghargaan yang terprogram bagi dosen dan tenaga kependidikan, meningkatkan motivasi untuk bekerja lebih keras dan lebih cerdas dalam pelaksanaan tridharma perguruan tinggi, dan menumbuhkan kebanggaan di kalangan dosen dan tenaga pendidik terhadap profesinya.

Jumlah peserta pendidikan dan tenaga kependidikan berprestasi 2016, tercatat sebanyak 266 orang dengan rincian, kategori administrasi akademik berprestasi 36 orang, kategori dosen berprestasi 63 orang, kategori kepala program studi berprestasi 48 orang, kategori laboran berprestasi 44 orang, kategori pengelola keuangan berprestasi 36 orang, dan kategori pustakawan berprestasi 38 orang.

Sementara, untuk dewan juri sendiri merupakan insan pendidikan tinggi yang terpilih dikarenakan rekam jejak prestasi, kepakaran dan pengabdiannya dalam menjalankan tugas Tri Dharma Pendidikan Tinggi. (ra)

BagikanShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn